Pages

Monday, November 10, 2014

essay asal-asalan



Essay manajemen pemasaran “mahasiswa ut korea”
Jajan pasar
1.      Analisis pasar
Ut korea adalah sebuah universitas yang saat ini seluruh mahasiswanya adalah berasal dari Indonesia meskipun tempat perkuliahanya berada di korea. Saat ini tercatat  sudah terdapat 8 semester dengan 3 jurusan dimana rata-rata tiap semester terdapat kurang lebih 100 mahasiswa kecuali untuk semester 7 dan 8 yang hanya memiliki kurang dari 50 mahasiswa (sumber; utkorea.org). Kegiatan perkuliahan di ut korea dilaksanakan setiap hari minggu selama sehari full dengan satu kali jam istirahat untuk makan siang selama 1 jam.
Sudah menjadi budaya bagi masyarakt Indonesia untuk menghabiskan waktu senggang atau waktu istirahat dengan mengemil terutama setelah makan. Hal ini bias dilihat dari banyaknya jenis jajanan pasar atau cemilan pasar khas Indonesia. Kegiatan mengemil ini selain untuk menghabiskan waktu juga bagi sebagian orang bisa menghilangkan stress. Hal itulah yang membuat jajanan pasar sangat terbuka pangsa pasarnya untuk para mahasiswa Ut korea yang merupakan 100% orang Indonesia, selain untuk menghilangkan stress karena kesibukanya, mengisi waktu rehat di kampus, juga sebagai pengobat rasa kangen terhadap tanah air indonesia.
2.      Bauran pemasaran
a.      Produk
Untuk produk tentunya adalah jenis jajan khas Indonesia yang bisa tahan lama dan tidak mudah basi. Untuk penyajian produk sendiri tentunya harus di”upgrade” terlebih dahulu mengingat sasaranya adalah mahasiswa ut korea yang sudah sudah ter”ugrade” seleranya. Mereka sudah terbiasa dengan produk-produk yang tersaji dengan bersih, cantik, rapi, mudah dan tentunya lezat. Sehingga produk yang akan kita sajikan juga hrus kita olah dan kemas sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kebutuhan selera mereka, dengan kata lain semenarik produk korea tapi tetap mencerminkan jajanan Indonesia.
b.      Tempat
Karena keterbatasan waktu dan tempat mengingat pelangganya adalah mahasiswa ut korea yang super sibuk, maka tempat utama tentu berada di lingkungan kegiatan belajar mengajar. Strategi pemasaran yang akan kita gunakan tidak hanya sell in place tapi juga dengan menggunakan strategi “order and deliver” yang nantinya dengan strategi ini kita tidak akan terikat oleh tempat dan waktu baik dari segi pemesanan ataupun pengiriman.
c.      Harga
Konsep utama dalam usaha ini adalah jajanan, yang berarti adalah identik dengan makanan yang murah meriah. Dengan konsep ini nantinya kita akan membuat produk sedemikian rupa sehingga harganya serba KRW 1000. Hal ini karena mata uang ini adalah satuan yang relative murah dan juga cukup mudah diingat. Kedepanya harga ini di harapkan akan menjadi icon untuk semua produk kita sehingga ketika orang melihat uang seribu di dompet maka mereka akan mengingat jajanan kita. Tentunya ada diskon dan sebagainya dengan syarat dan ketentuan berlaku
d.      Pemasaran
Untuk pemasaran kita bisa lakukan dari mulut ke mulut mengingat sasaranya adalah mahasiswa ut korea yang cukup mudah untuk di jangkau. Selain itu juga tentunya kita menggunakan brosur yang juga berfungsi sebagai catalog jenis jajanan yang kita sediakan. Sebagai media promosi tentunya meskipun sebuah brosur brosur akan di buat sedemikian rupa agar tampl menarik dan makanan yang di sajikan akan tampil secantik mungkin. Selain itu kita juga bisa menggunakan media social yang cukup popular. Keuntungan dr target pasar ut korea adalah mereka cukup mudah untuk di jangkau baik melalui grup-grup media social yang sudah tersedia dan lain sebagainya.
Demikian uraian singkat tentang jenis usaha apa yang bisa kita lakukan dengan target pasat “mahasiswa Ut korea”. Bisnis adalah sesuatu yang berkesinambungan jadi tidak masalah apapun usahanya, di manapun tempatnya dan siapapun pasarnya, asalkan di kelola dan di manage dengan baik insya alah hasilnya juga akan baik. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment