Essay
manajemen pemasaran “mahasiswa ut korea”
Jajan
pasar
1.
Analisis pasar
Ut korea adalah sebuah universitas yang saat ini seluruh
mahasiswanya adalah berasal dari Indonesia meskipun tempat perkuliahanya berada
di korea. Saat ini tercatat sudah
terdapat 8 semester dengan 3 jurusan dimana rata-rata tiap semester terdapat
kurang lebih 100 mahasiswa kecuali untuk semester 7 dan 8 yang hanya memiliki
kurang dari 50 mahasiswa (sumber;
utkorea.org). Kegiatan perkuliahan di ut korea dilaksanakan setiap hari
minggu selama sehari full dengan satu kali jam istirahat untuk makan siang
selama 1 jam.
Sudah menjadi budaya bagi masyarakt Indonesia untuk
menghabiskan waktu senggang atau waktu istirahat dengan mengemil terutama
setelah makan. Hal ini bias dilihat dari banyaknya jenis jajanan pasar atau
cemilan pasar khas Indonesia. Kegiatan mengemil ini selain untuk menghabiskan
waktu juga bagi sebagian orang bisa menghilangkan stress. Hal itulah yang
membuat jajanan pasar sangat terbuka pangsa pasarnya untuk para mahasiswa Ut
korea yang merupakan 100% orang Indonesia, selain untuk menghilangkan stress
karena kesibukanya, mengisi waktu rehat di kampus, juga sebagai pengobat rasa
kangen terhadap tanah air indonesia.
2.
Bauran pemasaran
a. Produk
Untuk produk tentunya
adalah jenis jajan khas Indonesia yang bisa tahan lama dan tidak mudah basi.
Untuk penyajian produk sendiri tentunya harus di”upgrade” terlebih dahulu
mengingat sasaranya adalah mahasiswa ut korea yang sudah sudah ter”ugrade”
seleranya. Mereka sudah terbiasa dengan produk-produk yang tersaji dengan
bersih, cantik, rapi, mudah dan tentunya lezat. Sehingga produk yang akan kita
sajikan juga hrus kita olah dan kemas sedemikian rupa sehingga sesuai dengan
kebutuhan selera mereka, dengan kata lain semenarik produk korea tapi tetap
mencerminkan jajanan Indonesia.
b. Tempat
Karena keterbatasan waktu
dan tempat mengingat pelangganya adalah mahasiswa ut korea yang super sibuk,
maka tempat utama tentu berada di lingkungan kegiatan belajar mengajar. Strategi
pemasaran yang akan kita gunakan tidak hanya sell in place tapi juga dengan
menggunakan strategi “order and deliver” yang nantinya dengan strategi ini kita
tidak akan terikat oleh tempat dan waktu baik dari segi pemesanan ataupun
pengiriman.
c. Harga
Konsep utama dalam usaha
ini adalah jajanan, yang berarti adalah identik dengan makanan yang murah
meriah. Dengan konsep ini nantinya kita akan membuat produk sedemikian rupa sehingga
harganya serba KRW 1000. Hal ini karena mata uang ini adalah satuan yang
relative murah dan juga cukup mudah diingat. Kedepanya harga ini di harapkan
akan menjadi icon untuk semua produk kita sehingga ketika orang melihat uang
seribu di dompet maka mereka akan mengingat jajanan kita. Tentunya ada diskon
dan sebagainya dengan syarat dan ketentuan berlaku
d. Pemasaran
Untuk pemasaran kita bisa
lakukan dari mulut ke mulut mengingat sasaranya adalah mahasiswa ut korea yang
cukup mudah untuk di jangkau. Selain itu juga tentunya kita menggunakan brosur
yang juga berfungsi sebagai catalog jenis jajanan yang kita sediakan. Sebagai
media promosi tentunya meskipun sebuah brosur brosur akan di buat sedemikian
rupa agar tampl menarik dan makanan yang di sajikan akan tampil secantik
mungkin. Selain itu kita juga bisa menggunakan media social yang cukup popular.
Keuntungan dr target pasar ut korea adalah mereka cukup mudah untuk di jangkau
baik melalui grup-grup media social yang sudah tersedia dan lain sebagainya.
Demikian uraian singkat
tentang jenis usaha apa yang bisa kita lakukan dengan target pasat “mahasiswa
Ut korea”. Bisnis adalah sesuatu yang berkesinambungan jadi tidak masalah
apapun usahanya, di manapun tempatnya dan siapapun pasarnya, asalkan di kelola
dan di manage dengan baik insya alah hasilnya juga akan baik. Terima kasih.
No comments:
Post a Comment